Saturday, September 15, 2007

Jangan Berkedip


Rating:★★★
Category:Books
Genre: Other
Author:Isman H Suryaman & Primadona Angela M

Penulis: Isman H Suryaman & Primadona Angela
Harga: Rp 25.000,-
Tebal: 200 halaman
Terbit: April 2006


Flash Fiction. 2 kata ini saya kenal pertama kali ketika menjadi panitia lomba menulis di blogfam pada tahun 2005 yl. Istilah ini diperkenalkan oleh Isman, sang penulis yang juga juri di lomba tersebut.

Membuat konsep apa itu Flash Fiction, mengajak orang untuk bisa mengambil kesimpulan sendiri. Tentunya, setelah membaca cerita yang ada. Karena jumlah kata bukan batasan yang jelas yang menjadikan sebuah karya fiksi adalah flash (cefet gituh) atau tidak.

Jangan Berkedip, menjadi judul buku ini, yang saya tangkap, menjadi 'wakil' untuk menerangkan bahwa buku JB berisi cerita-cerita yang saking flash-nya (baca: cefett selesai) akan habis dibaca sebelum pembaca akan mau bakalan berkedip. *duh, jadi merhatiin mataku kapan berkedip nih. berapa kali dalam sehari ya kita berkedip*

Ada beberapa cerita (yang pasti lebih dari satu, hanya aja saya lupa yang mana dan mana hehe..) yang mengingatkan saya akan film-film yang pernah ditonton. Maklum, saya ini pecinta film bukan pembaca buku sejati. Kadang kalau baca buku di depan tv, si buku bisa langsung lenyap entah di mana, karena dikalahkan oleh tayangan televisi.

Salah satunya berjudul Aku Bukan Siti Hawa, 197 kata, mengingatkan saya pada inti cerita dari film Children of Men. Menarik, karena film ini panjang dan padat berisi, mungkin demikian juga dengan novel yang mendasari film ini. Toh, walaupun bukan film ini yang mendasari penulisannya, Donna telah berhasil membawa saya pada pengakuan: bahwa hanya dalam 197 kata, sudah mewakili sebuah film yang berdurasi 109 menit.


makasih Isman dan Donna buat buku ini.
maaf, baru sempat dibaca dan ditulis reviewnya. :)



No comments:

Post a Comment

Featured Post

Sebuah Dialog Diam

Kereta bergerak menyusuri alur, mendendangkan irama perjalanan. Gelap di luar memperjelas pantulan wajah di kaca. Ada aku dan dia, sang b...