Thursday, September 14, 2006

Inside Man


Rating:★★★★
Category:Movies
Genre: Other

Sutradara : Spike Lee
Pemain : Denzel Washington, Clive Owen, Jodie Foster, dll
Durasi : 129 menit

Film ini sudah lama saya tonton. Sempat ta tulis beberapa baris pernyataan di blog sketsahati.com berkenaan dengan film ini. Tapi, saya masih suka menuliskannya. Pun di sini. :)

Dan quote di bawah adalah kesukaan saya dari film ini :

"My name is Dalton Russell, pay strict attention to what I say because I choose my words carefully and never repeat myself.
I told you my name, that's the Who.
The Where can most readily be described as a prison cell.
But there is a vast difference from being stuck in a tiny cell and being in prison.
The What is easy, recently I planned and set in motion events to execute the perfect bank robbery, that's also the When.
As for the Why, beyond the obvious financial motivation, it's exceedingly simple... because I can.
Which leaves us only with the How, and therein, as the bard tells us, lies the rub."


Yang juga adalah sebuah pembuka. Yang sederhana, dari sebuah wajah, ucapan ini mengalir, dan kemudian mundur sedikit memperlihatkan bahwa ia ada di ruang kecil. Film yang 'cerdas', menurut saya. Tebakan-tebakan yang dilakukan oleh penonton sejak awal, mungkin, hanya satu dua saja yang benar. Yah, tau sendiri, jika kita mulai menonton film atau membaca, kadang secara nalar (hehehe...) kita akan mulai membuat skenario sendiri.

"It looked like the perfect bank robbery. But you can't judge a crime by its cover." Begitu tag line dari IMDb mengenai film ini. Sebuah perampokan bank yang tidak ada hubungannya dengan pencurian uang, pun menyakiti atau melukai orang yang disandera. Perampokan yang berkaitan dengan masa silam. Tadinya, saya agak kecewa dengan penampilan Denzel Washington yang ga terlalu jago gitu loh, ga biasanya. Namun seterusnya, mengikuti alur cerita, ... memang sudah tuntutan cerita untuk sedemikian adanya. Bikin gregetan.. :D

Link : Inside Man


Featured Post

Sebuah Dialog Diam

Kereta bergerak menyusuri alur, mendendangkan irama perjalanan. Gelap di luar memperjelas pantulan wajah di kaca. Ada aku dan dia, sang b...